BLOG

Penyebab Power Bank Bisa Meledak

Nov 13, 2019 | Tips Power Bank

Kecelakaan memang terjadi secara tidak terduga-duga, ada berbagai kecelakan yang bahkan penyebabnya masih selalu dipertanyakan dan menjadi pembahasan berbagai kalangan. Seperti yang terjadi pada penerbangan royal Brunei airlines, yang mengalami kecelakaan berupa meledaknya power bank pada tanggal 3 Januari 2019. Bukan hanya di brunei, kasus serupa pernah terjadi di penerbangan Beijing yaitu china southern airlines, dilaporkan sebuah power bank terbakar dikabin pesawat hingga menunda 3 jam penerbangan.

Ada banyak Kasus serupa berupa meledaknya power bank yang sering terjadi dan cukup mengejutkan. Berbagai pertanyaan mengenai aturan pemakaian power bank dan sebenarnya apa penyebab dari meledaknya Power bank ataupun meledaknya baterai smartphone secara tiba-tiba.

Kali ini marilah kita membahas mengenai kasus diatas, Ada dua penyebab yang paling utama dan diyakinkan menjadi alasan power bank ataupun smartphone dapat meledak. Yaitu,

  1. Bahan yang digunakan dalam baterai
  2. Chip proteksi power bank

Mengapa kedua alasan diatas bisa muncul? Mari kita perhatikan penjelasan dibawah ini,

1. Bahan Yang Digunakan Dalam Baterai

Alasan satu ini dapat menjadi penyebab dari meledaknya powerbank atau smartphone karena, pada umumnya baterai terdiri dari dua hal yaitu katoda dan anoda. Daya listrik pada baterai mengalir dari katoda ke anoda. Kedua bahan ini bisa dibayangkan sebagai lembaran-lembaran bahan kimia baterai, seperti lithium, cobalt, mangan dan lainnya. lalu kedua bagian ini digulung menjadi satu dengan sebuah lapisan khsusus (Separator) yang akan memisahkan antara katoda dan anoda.

Lapisan khusus (Separator) yang memisahkan lembaran katoda dan anoda digunakan agar katoda dan anoda tidak bertemu secara langsung, dan menghasilkan daya listrik. Aliran daya listrik mengallir dari katoda ke anoda melalui bantuan papan PCB. Fungsi dari papan PCB sendiri adalah, mengatur daya listrik yang mengalir agar daya listrik yang dialirkannya nanti tidak berlebihan dan mampu melindungi baterai apabila terjadi kondisi yang tidak diinginkan, seperti short circuit atau lainnya. Jika dalam sebuah kasusnya ditemukan lapisan khusus (Separator) yang memisahkan keduanya mengalami kerusakan atau cacat, besar kemungkinan daya listrik akan langsung mengalir dari katoda ke anoda. Hal inilah yang nantinya menjadi penyebab dari baterai yang meledak. Itulah mengapa apabila baterai ditusuk dengan menggunakan benda tajam dalam kondisi lapisan pemisah yang rusak, katoda dan anoda akan bertemu dan mengakibatkan ledakan pada baterai.

2.Chip Proteksi Power Bank

Umumnya pada jenis power bank yang bagus, akan ditemukan 5 jenis proteksi didalamnya. Yaitu, overcharge protection, overdischarge protection, overcurrent protection, overvoltage protection, dan terakhir short circuit protection. Pada 5 jenis protection tersebut diatur pada chip-chip yang terletak di papan PCB dalam power bank. Tujuannya adalah apabila terjadi salah satu kondisi dari proteksi diatas, maka chip otomatis akan memutus kerja dari power bank. Sehingga daya tidak akan mengalir lagi dari katoda ke anoda. Sayangnya apabila chip proteksi tidak berfungsi, pada saat salah satu kondisi atau kejadian diatas terjadi, hal ini dapat mengakibatkan baterai meledak. Bisa diambil contoh apabila terjadi short circuit pada power bank atau korslet, seharusnya power bank akan segera berhenti bekerja, tetapi karena chip mengalami kerusakan atau gagal berfungsi, powerbank akan terus bekerja sehingga menyebabkan baterai meledak.

Itulah dua point utama alasan mengapa baterai power bank atau smartphone dapat meledak secara tiba-tiba. Pembahasan diatas bisa dijadikan sebagai wawasan bagi anda ketika, akan membeli jenis power bank. Anda dapat mendapatkan beragam informasi power bank lainnya di halaman link website www.arden.co.id

Share this post:

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram