BLOG

Cara Menghitung Kapasitas Real Power Bank

Jun 24, 2019 | Tips Power Bank

Tahukah anda bahwa powerbank dengan kapasitas 10.000mAh sebenarnya hanya memiliki kapasitas sebesar 6.660mAh?

Permintaan masyarakat akan power bank dipasaran membuat banyak merk dan kapsitas power bank yang bermacam-macam. Banyaknya permintaan power bank dipicu dengan penggunaan gadget atau smartphone yang semakin tinggi khususnya bagi orang yang lebih sering berada diluar ruangan. Mereka mengeluh gadget atau smartphonenya cepat habis, alhasil solusinya yaitu membeli power bank, dengan power bank mereka bisa mengisi energi baterai smartphone atau gadget dimanapun saat daya baterai habis.

Di pasaran tersedia berbagai macam kapasitas power bank, namun yang perlu Anda ketahui bahwa real capacity di power bank adalah kapsitas yang terta pada power bank ternyata tidak sejumlah kapsitas tersebut. Mau tahu bagaimana cara pehitungannya? Berikut adalah  bagaimana cara menghitung kapasitas real powerbank beserta alasannya.

Langkah Pertama : Konversi Tegangan

komponen utama powerbank papan pcb dan batere

Dalam power bank terdapat 2 komponen utama yaitu baterai dan papan PCB. Semua baterai yang digunakan saat ini, baik di smartphone maupun powerbank menggunakan bahan lithium-ion. Baterai dengan bahan lithium-ion menyimpan daya pada tegangan 3,7 Volt. Sedangkan untuk mencharge smartphone menggunakan interface USB yang memiliki standar tegangan 5 Volt. Jadi, daya pada baterai lithium powerbank harus diubah dari 3,7 Volt menjadi 5 Volt.

Misal kapasitas powerbank 10.000mAH, maka daya yang dihasilkan setelah konversi sebesar :

 

 

(10.000mah x 3,7 Volt) / 5 Volt = 7.400mAH

 

 

Langkah Kedua : Rasio Efisiensi

Pada saat power bank digunakan, daya akan mengalir dari baterai melalui papan PCB, kabel hingga ke tujuan yaitu smartphone.

Dalam pencarian ini, daya akan mengalami penurunan baik karena digunakan oleh papan PCB ataupun terbuat karena panas ketika melalui kabel. Perbandingan antara daya ketika sampe ke tujuan dengan daya awal ini disebut dengan rasio efisiensi.

kehilangan power pada power bank

Powerbank yang bagus memiliki rasio efisiensi 85-90%.

Misal kita ambil rasio efisiensi 90%, maka sisanya sebesar 90% x 7.400mAH = 6.660mAH. Nilai inilah yang merupakan kapasitas powerbank yang bisa digunakan.

Misal kita ingin mencharge iPhone 8 dengan kapasitas baterai 1821mAH, maka powerbank 10.000mAH bisa mencharge HP ini sebanyak 6.660mAH / 1.821mAH = 3,7 kali charge

Nah itulah cara menghitung kapasitas real powerbank. Bagaimana apakah anda sudah mengerti apa itu real capacity dan bagaimana cara mengitungnya?  Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda ketika ingin membeli powerbank. Apabila ada pertanyaan lain mengenai powerbank, silahkan kirim pertanyaan anda melalui halaman kontak kami. Anda juga bisa memesan power bank di kami untuk keperluan sovenir, merchandise dan lainnya. Caranya? klik disini

Share this post:

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram